Tips Memulai Bisnis Popping Boba di Indonesia

ide-bisnis-pop-ice-boba

Dengan strategi yang tepat, bisnis popping boba dapat menjadi sebuah peluang usaha yang cukup menjanjikan.

aplikasi-keuangan-terpercaya

Dewasa ini banyak orang menggemari makanan maupun minuman unik yang menawarkan cita rasa berbeda dengan kebanyakan makan atau minuman yang sudah lama beredar di pasaran.

Hampir setiap produk makanan atau minuman yang mengusung konsep baru, akan laris diserbu oleh pembeli, yang pada umumnya terdiri dari generasi muda berusia sekolah maupun yang telah beranjak dewasa.

Katakanlah minuman boba yang saat ini tengah menjadi tren di tengah masyarakat, pada umumnya penggemar minuman ini didominasi oleh generasi millenial maupun remaja usia sekolah menengah ke atas.

Kondisi tersebut membuat bisnis boba menjadi lahan bisnis yang meroket di tengah dunia usaha kuliner. Hal ini bisa kita lihat dengan maraknya penjual minuman boba, yang dapat dengan mudah ditemukan pada hampir semua tempat.

Keberhasilan bisnis minuman boba tersebut sehingga menjadi dapat menjadi trend baru dalam usaha kuliner juga tidak dapat dilepaskan dari strategi bisnis yang digunakan untuk membuat populer minuman tersebut di tengah masyarakat.

beli-minuman-teh-kekinian

Asal Minuman Boba

Boba adalah sebutan untuk bola berwarna-warni yang terbuat dari bahan dasar tepung tapioka. Boba sendiri merupakan bahasa gaul dari “bubble” dalam bahasa Mandarin.

Awalnya boba diadopsi dari camilan tradisional China “Fen Yuan” yang dibawa oleh imigran China yang datang ke Taiwan. Selanjutnya mereka mencoba menjual teh dingin dengan campuran boba di dalamnya.

Sebagai negara penghasil teh dengan kualitas terbaik, minuman kreasi baru tersebut mendapatkan respon baik. Sehingga dalam waktu yang relatif singkat, minuman hasil inovasi dapat meraih sukses di pasaran, hingga dewasa ini menjadi trend ke manca negara. Di Indonesia minuman ini dikenal dengan nama minuman Teh Boba, dan disebut sebagai “pearl mikl tea” pada manca negara.

Baca juga : Memulai Bisnis Kuliner Kekinian

Strategi Bisnis Boba

Di balik kesuksesan minuman boba yang berhasil menembus pasaran sampai ke manca negara, ternyata tidak lepas dari strategi bisnis boba dalam hal memasarkan produk mereka.

Strategi bisnis boba yang banyak mengadopsi strategi yang digunakan salah satu merk minuman boba yang terkenal di Taiwan “Xing Fu Tang” adalah dengan melakukan diferensiasi produk dan kejelian dalam melakukan segmentasi market.


1. Segmentasi Pasar.

Bisnis boba yang berhasil meraih sukses di Taiwan hingga diadopsi pada manca negara, menargetkan konsumen mereka pada kalangan menengah ke bawah yang jumlah populasinya jauh lebih besar dari pada golongan menengah ke atas.


2. Diferensiasi Produk.

Dari target konsumen yang diperoleh dari hasil segmentasi pasar tadi, dituangkan dengan membangun sebuah citra produk minuman boba segar yang dapat dinikmati berbagai kalangan masyarakat.

Penerapan hal tersebut pada proses branding produk minuman boba dilakukan dengan cara :

1. Mempromosikan moto produk.

Hal ini dilakukan dengan menampilkan proses pembuatan boba maupun saat meraciknya menjadi minuman pada stand penjualan mereka.

Sehingga konsumen dapat melihat sendiri bahan-bahan maupun cara pengolahannya sebelum menikmati minuman yang mereka beli.

2. Menggunakan kemasan unik.

Gelas plastik yang digunakan oleh merk “Xing Fu Tang”, berhasil menjadi pembeda merk tersebut dengan bisnis boba lain yang ikut memasarkan produk serupa.

Mereka menggunakan gelas plastik tanpa sudut yang menjadi ciri khas merk minuman yang mereka jual.

3. Harga yang terjangkau.

Sekalipun harga minuman boba franchise merk terkenal dari Taiwan tersebut masih cukup tinggi di Indonesia, namun pada negara asalnya minuman tersebut dijual dengan harga yang sangat terjangkau oleh berbagai lapisan masyarakat Taiwan.

Berangkat dari tiga strategi bisnis tersebut, minuman boba berhasil menjadi salah satu bisnis kuliner yang menembus pasar manca negara, termasuk di Indonesia, sehingga gerai franchise mereka dapat ditemukan pada mall-mall di kota-kota besar di negara kita.

inovasi-resep-pop-ice-boba

Tips Memulai Bisnis Popping Boba

Terlepas dari merk terkenal minuman boba asal Taiwan yang sudah berhasil meraih kesuksesan di manca negara, jika kamu tertarik untuk mengikuti jejak mereka, hal tersebut dapat dilakukan dengan mengadopsi strategi bisnis minuman boba yang mereka terapkan.

Selain itu ada beberapa hal lagi yang tidak kalah penting, yang dapat kamu lakukan sebelum memulai dan saat mengelola bisnis ini.

Baca juga : Membuat Rencana Anggaran

1. Melakukan Riset Pasar.

Memilih target konsumen merupakan hal penting yang kamu lakukan sebelum menyusun bisnis plan minuman boba yang akan dijalankan, seperti yang telah diterapkan oleh merk boba terkenal dari Taiwan tersebut.

Dengan situasi saat ini di mana bisnis boba telah menjamur di Indonesia, jika kamu tidak memilih target konsumen yang tepat, akan membuat bisnis yang akan kamu jalankan menghadapi banyak kompetitor yang sudah memulai usahanya terlebih dahulu.


2. Memilih Lokasi Usaha.

Salah satu elemen yang dapat mempengaruhi keberhasilan bisnis yang akan kamu jalankan adalah penempatan lokasi usaha. Untuk itu kamu perlu menyesuaikan lokasi usaha minuman boba yang akan kamu jalankan dengan target konsumen yang kamu pilih. 

Misalnya, jika target konsumen yang kamu rencanakan adalah pelajar, maka pemilihan lokasi usaha minuman boba yang akan kamu jalankan adalah daerah yang banyak didatangi pelajar, seperti di sekitar kampus, di dalam lingkungan sekolah, dan lain-lain.


3. Harga Jual Produk.

Seperti halnya lokasi usaha, harga jual produk minuman boba pada usaha yang akan kamu jalankan, juga perlu disesuaikan dengan target konsumen, agar produk yang kamu jual dapat dijangkau dengan daya beli yang ada pada sebagian besar target konsumen yang kamu pilih.

Misalnya kamu dapat melakukan percobaan untuk membuat resep minuman boba dengan menggunakan pop ice sehingga harganya akan sangat terjangkau tanpa banyak mengurangi kualitasnya, dengan rasa yang tidak berbeda juga.


4. Strategi Promosi.

Selain melakukan promosi melalui media sosial, jika modal yang kamu miliki mencukupi, promosi dalam bentuk lain juga dapat dilakukan melalui berbagai kegiatan yang banyak diikuti oleh target konsumen yang dipilih.

Misalnya dengan ikut serta dalam even-even promosi yang diadakan oleh startup-startup besar, yang dewasa ini kerap mengadakan kegiatan dalam rangka promosi bisnis terbuka untuk umum.

Dengan ikut serta pada ajang promosi bisnis terbuka yang diselenggarakan oleh perusahaan besar, kamu dapat lebih menghemat biaya promosi yang dikeluarkan, daripada menyelenggarakan sendiri acara serupa.


aplikasi-keuangan-terpercaya

5. Inovasi Produk.

Minuman boba sendiri berawal dari inovasi produk camilan tradisional yang dikembangkan di Taiwan. Strategi tersebut juga dapat kamu adopsi pada usaha minuman boba yang sedang kamu rencanakan.

Untuk itu, kamu perlu melakukan riset produk dengan melakukan eksperimen pada berbagai resep minuman boba yang sudah ada, untuk mengembangkan resep baru dengan cita rasa unik yang dapat diterima oleh selera penggemar boba di Indonesia.

Baca juga : Cara Membuat Proposal Bisnis

6. Membangun Identitas Produk.

Salah satu strategi pengantar kesuksesan bisnis minuman boba yang berasal dari Taiwan tersebut adalah keberhasilannya dalam membangun citra produknya dalam pandangan konsumennya.

Hal ini juga merupakan salah satu strategi penting yang dapat kamu adopsi, selain mempromosikan kelezatan cita rasa minuman boba pada bisnis yang akan kamu buat.

Identitas produk dapat dibuat melalui berbagai cara, misalnya dengan mengadopsi dari cara yang sudah dilakukan oleh “Xing Fu Tang” yaitu menggunakan kemasan plastik dengan bentuknya yang khas.

Bila kamu perhatikan dengan jeli, kombinasi antara bentuk kemasan gelas plastik yang mereka gunakan dengan warna minuman boba sebagai latar belakangnya, akan menimbulkan sebuah ilusi optik dengan kesan “unik” bagi orang yang memandang dan memperhatikannya.


7. Mempelajari Persaingan.

Selain untuk mendapatkan informasi tentang selera konsumen, riset pasar juga dapat digunakan untuk mencari informasi tentang kompetitor atau produk pesaing sejenis yang sudah lebih dahulu ada di pasaran.

Hal ini juga perlu dilakukan sebagai bahan perbandingan untuk membuat perkiraan peluang keberhasilan dari bisnis plan yang sudah kamu susun. Setidaknya kamu mendapatkan sedikit gambaran peluang keberhasilan dari strategi yang digunakan oleh produk kompetitor sejenis.


beli-minuman-teh-kekinian

Penutup

Sekalipun hasil riset maupun analisis usaha dalam bisnis plan minuman popping boba yang kamu buat hasilnya menunjukkan peluangnya masih besar untuk dikembangkan, namun perlu diperhatikan juga, jika kebanyakan bisnis yang memanfaatkan trend kuliner juga mengalami pasang surut.

Hal itu diperkirakan merupakan pengaruh dari sifat trend yang selalu berubah-ubah. Sehingga dalam hal ini, setelah usaha yang kamu jalankan berhasil menembus pasar, kamu tetap perlu melakukan riset untuk mengembangkan inovasi-inovasi baru sebelum trend mulai berubah.

Share this:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Singkat Prostitusi Dari Masa ke Masa

Pertimbangan Sebelum Membeli Komputer Stick Intel

Reddit Ancam Publisher yang Memasang Anti Ad-Blocker

Azus Zenphone Selfie Bagi Penggemar Selfie

Perilaku Seksual Menyimpang Anjing Laut