Kamis, 12 Mei 2016

Reddit Ancam Publisher yang Memasang Anti Ad-Blocker

Forum Reddit Teknologi, Senin lalu mengumumkan pihaknya sedang mempertimbangkan untuk memblokir link ke situs-situs yang sedang membutuhkan pengunjung, namun menampilkan pemberitahuan untuk mematikan pemblokir iklan (ad blocker) mereka sebelum dapat melihat konten di dalam situs.
“Ini telah menjadi perhatian kami bahwa banyak situs seperti Forbes dan Wired sekarang mengharuskan pengguna untuk menonaktifkan pemblokir iklan untuk melihat konten. Karena Forbes mengharuskan pengguna untuk melakukan hal ini dan telah mengedarkan malware kepada mereka, kami melihat ini sebagai risiko keamanan untuk Anda, komunitas kami,“ kata creq, salah satu moderator Redit


Sebagaimana dilansir dari “Tech news World,” Forum ini juga akan melarang situs-situs yang menerapkan paywalls, seperti The Wall Street Journal, moderator tersebut menambahkan. Pada hari Rabu pagi kemarin, sekitar 90 persen dari pengguna forum ini telah memberikan suaranya untuk rencana tersebut.

Jika forum teknologi Reddit mulai memblokir domain dari publikasi yang mengharuskan pengguna untuk mematikan ad blocker mereka, hal itu akan menghilangkan beberapa publisher (penerbit) dari jenis yang mereka mendambakan, menurut John Carroll, profesor komunikasi massa di Boston University. Reddit sendiri merupakan salah satu tempat faforit bagi pemilik web untuk menitipkan backlink mereka.

wired-disable-ad-blocker

“Subreddit teknologi adalah salah suatu yang sangat laki-laki dan mendalam dalam teknologi. Itulah yang ingin dicapai oleh pembaca dari publikasi ini,” katanya kepada TechNewsWorld.
“Untuk Reddit, langkah ini adalah menjaga pengguna mereka tetap gembira. Akan tetapi bagi penerbit, hal itu adalah kendala yang perlu mereka pecahkan, selain dengan cara memblokir konten mereka, dan mereka harus mencari cara untuk mengatasi resistensi terhadap iklan, “kata Carroll.

“Perjuangan dalam hal publikasi adalah untuk dapat menampilkan konten yang cukup menarik, bahwa orang tidak akan secara otomatis menghindari iklan tetapi menganggap mereka sebagai harga tiket masuk,” tambahnya.

Selama empat tahun ke depan, blocker iklan penerbit online bisa mendatangkan kerugian sekitar US $ 27 miliar, menurut laporan yang dirilis pada hari Rabu oleh Juniper Research.

Sementara pemblokiran iklan menjadi tantangan bagi penerbit saat ini, seakan masih belum cukup, mereka kemungkinannya menghadapi ancaman tambahan dari aplikasi pemblokir iklan di masa depan, kata laporan itu.

Dukungan Apple dalam pencekalan iklan di iOS 9 telah mengintensifkan ancaman ke penerbit, seperti yang dilaporkan Juniper, dan perkembangan lain yang lebih mengganggu adalah di sisi lain sebagian operator jaringan juga telah mulai memblokir iklan.

“Adopsi yang didorong oleh kekhawatiran konsumen atas penggunaan mobile data dan privasi,” kata Sam Barker, penulis laporan itu. “Mereka juga insentif untuk mengadopsi teknologi untuk mengurangi load halaman.”
Segmen yang tumbuh paling cepat dari pengadopsi ad-blocker adalah milenium, menurut laporan itu. “Penerbit perlu mengembangkan strategi baru yang mendorong demografis ini yang memungkinkan iklan mereka untuk dilihat.”

Langkah yang diusulkan oleh forum Reddit tersebut adalah suatu yang baik, karena itu pertanda bahwa pasar sedang mencoba untuk mengatasi masalah iklan yang mengganggu, sebagaimana disampaikan oleh Rob Shavell, CEO Abine.

Dia telah berpartisipasi dalam upaya kelompok di masa lalu untuk mengatasi masalah iklan online. “Ini adalah kegagalan yang menyedihkan,” katanya kepada TechNewsWorld.

“Tidak ada seorangpun baik – pengiklan, penerbit, orang-orang teknologi dan guru privasi – yang bisa sepakat tentang bagaimana masalah ini harus diselesaikan,” kata Shavell. “Itu sebabnya hal tersebut harus bisa diselesaikan di pasar, dan itulah apa yang terjadi.”
Lalu lintas situs besar seperti Reddit mengambil tindakan, jelasnya. Beberapa penerbit yang memaksa pengunjung untuk mematikan pemblokir iklan. Beberapa blocker iklan yang memungkinkan memilih beberapa jenis iklan yang akan ditampilkan.

script-disable-ad-blocker

“Kami mendapatkan satu set besar pilihan yang belum pernah diberikan oleh konsumen sebelumnya,” kata Shavell. “Banyak ide-ide yang berbeda sedang dicoba di pasar, dan itu menarik.”

Sebagian alasan blocker iklan menjadi populer adalah karena iklan yang buruk, bahkan beberapa menginstal adware ataupun malware yang cukup berbahaya ke dalam perangkat pembacanya.

“Penerbit membutuhkan alat untuk yang memahami khalayak mereka untuk lebih melayani iklan yang relevan bahwa pengguna tidak akan menolaknya,” kata Allison Munro, kepala pemasaran untuk Viafoura.
Penerbit perlu belajar dari media sosial untuk meningkatkan strategi iklan mereka. “Tidak ada yang mengeluh tentang iklan di Facebook karena mereka relevan dan tidak mengganggu pengalaman pengguna,” katanya.


Reddit Ancam Publisher yang Menutup Kontennya